225 Calon Jamaah Haji Kota Madiun Jalani Vaksinasi, Khusus Tahun Ini Arab Saudi Minta Tambahan Vaksin Ini

- 17 April 2024, 13:30 WIB
 Ilustrasi calon jamaah haji di kota Madiun jalani vaksinasi di sejumlah Puskesmas
Ilustrasi calon jamaah haji di kota Madiun jalani vaksinasi di sejumlah Puskesmas /ANTARA/BPKH/

PortalMagetan.com -  Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Madiun menjalani vaksinasi di sejumlah Puskesmasl. Sebanyak 225 CJH tahun ini mendapat dua vaksinasi. Baik meningitis maupun polio sebagai rangkaian persiapan menunaikan ibadah haji.

Vaksinasi di Puskesmas Banjarejo dilaksanakan selama dua hariberlangsung dua hari, Rabu-Kamis  17-18 April 2024.

Kepala Sub Koordinator Pengelolaan Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun, Tri Wahyuning Novitasari mengatakan, pada musim haji tahun ini ada penambahan jenis vaksinasi. Hal itu tentu berbeda dengan tahun lalu. Sebab jika tahun lalu jemaah haji hanya mendapatkan vaksinasi meningitis, tahun ini ditambah vaksinasi polio sebagaimana anjuran pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga: ASN Pemkab Madiun Manfaatkan Kebijakan WFH Usai Libur Lebaran, Pj Sekda Ungkap Alasan Pengajuan Terbanyak

“Tujuannya untuk mencegah kejadian luar biasa (KLB) polio, karena bheberapa waktu lalu kan sempat terjadi kasus itu pada anak-anak. Jadi vaksinasi ini sebagai syarat dan harus dilakukan 14 hari sebelum terbang ke tanah suci, kalau misalnya telat ya bisa jadi mereka ikut rombongan yang lain,” ujarnya, Rabu 17 April 2024.

 

Di Kota Madiun, lanjut Vita terdapat  225 jemaah yang mendapatkan vaksin Meningitis dan polio. Rinciannya 216 jemaah haji, satu pendamping dari kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH), dua orang Tim pemandu haji daerah (TPHD), tiga orang panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH), serta tiga orang tenaga kesehatan haji Indonesia (TKHI).

 

“Kalau tahun ini, jemaah haji itu harus istithaah kesehatan dulu baru bisa melakukan pelunasan, kalau tahun lalu kan pelunasan dulu baru melakukan pemeriksaan kesehatan. Alhamdulillah jemaah kita semua sudah dinyatakan istithaah,” kata dia.

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: KBRN Madiun


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah