3 Hektar Hutan Jati di Lereng Gunung Bancak Magetan Terbakar, Gepyok dan Ilaran Senjata Pamungkas Pemadaman

- 4 September 2023, 09:30 WIB
Petugas BPBD Magetan saat melakukan ilaran untuk mencegar api merembet lebih besar
Petugas BPBD Magetan saat melakukan ilaran untuk mencegar api merembet lebih besar //BPBD Magetan

PortalMagetan.com – Hutan jati di Dukuh Plosorejo, Desa Krowe, Kecamatan Lembeyan, Magetan terbakar hebat Minggu, 3 Seprtember 2023 malam.

Titik kebakaran yang berjarak sekitar 500 meter dengan permukiman warga membuat BPBD dan masyarakat bahu membahu untuk memadamkan api.

Besarnya api yang membakar hutan jati di lereng Gunung Bancak ini mengakibatkan 3 hektar lahan terbakar. Api baru dapat dipadamkan setelah petugas  bersama tim gabungan dan masyarakat bahu membahu memadamkan api dengan cara manual.

‘’ Informasi masuk kepada BPBD Kabupaten Magetan bahwasanya telah terjadi kebakaran hutan rakyat tanaman Jati masuk wilayah lereng Gunung Bancak Dkh Plosorejo Ds Krowe Kec Lembeyan Kab Magetan dengan luas lahan terbakar -/+3 hektar dan berada -/+500meter dari pemukiman warga,’’ kata BPBD Magetan dalam rilis resminya.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN di Banten dari PT Virama Karya, Cek Syarat dan Kualifikasinya

Informasi yang dihimpun di lapangan, BPBD Magetan menerima informasi terkait kebakaran lahan sekitar pukul 19.33 wib. TRS dan Pusdalops PB melakukan assesment dan kajian lengkap di lokasi kejadian.

Selanjutnya  pukul 20.20  WIB TRC, TNI, Polri dan Perangkat Desa Krowe serta masyarakat melakukan pemadaman secara manual agar api tidak merembet.

“pemadaman sempat menggunakan cara manual dengan gepyok dan melakukan ilaran,’’ ungkapnya

Kerja keras tim gabungan dalam memadamkan api yang  membakar hutan rakyat seluas tiga hektar itu akhirnya membuahkan hasil. Kendati besarnya angin yang berhembus sempat membuat petugas sempat ketar ketir.

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: BPBD Magetan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x