2.893 Titik TPS di Ponorogo Dipastikan Terkoneksi Jaringan Internet, Arwan: Kalau Down, Kita Ada Mekanismenya

- 12 Februari 2024, 07:15 WIB
Ilustrasi- ribuan TPS di Ponorogo dipastikan terkoneksi jaringan internet untuk mengakses sirekap
Ilustrasi- ribuan TPS di Ponorogo dipastikan terkoneksi jaringan internet untuk mengakses sirekap /PonorogoNews

PortalMagetan.com –- Seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Ponorogo dipastikan sudah terkoneksi jaringan internet. Kepastian itu disampaikan Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur hingga laporan perkembangan hasil perhitungan suara secara daring melalui program Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) dipastikan tak mengalami kendala.

"Meski ini baru pertama kali, kami pastikan seluruh TPS bisa lapor hasil perhitungan secara realtime (tepat waktu)," kata Ketua KPU Ponorogo, Arwan Hamidi.

Kata dia, hasil perhitungan suara yang dilaporkan secara realtime itu selanjutnya bisa langsung diakses petugas pemilihan tingkat kecamatan (PPK), KPU Kabupaten, KPU Provinsi hingga KPU pusat.

Arwan Hamidi mengatakan dalam Pemilu yang berlangsung pada 14 Februari mendatang, terdapat 2.893 titik TPS yang tersebar di 21 kecamatan di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Baca Juga: Terupdate, PT Kobexindo Tractors Buka Lowongan Kerja di Jakarta Utara, Cek Syarat dan Kualifikasinya

Arwan mengatakan jaringan internet di setiap TPS sangat penting, baik menggunakan jaringan sinyal ataupun WiFi. "Setiap titik dibebaskan menggunakan jaringan internet seperti apa, yang terpenting memiliki koneksi internet saat pengisian Sirekap," tambahnya

Arwan menambahkan, pihaknya memberikan kelonggaran pengisian secara manual jika nantinya penggunaan Sirekap terkendala atau mengalami gangguan lantaran banyak yang mengakses aplikasi tersebut.

"Kalau down atau seperti apa, kita ada mekanismenya sendiri secara luring. Tapi tetap yang diutamakan daring dulu, pengiriman juga di hari yang sama dengan selesainya penghitungan suara," ujarnya.

Dijelaskan, Sirekap merupakan penyempurnaan dari Sistem Hitung (Situng) pada Pemilu 2019. Sirekap diklaim memiliki sejumlah keunggulan di antaranya, seluruh masyarakat mampu mengakses Sirekap baik daring maupun luring. Hasil perhitungan suara disampaikan dengan cepat kepada publik.

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x