Diberhentikan Sebagai Ketua KPK, Seluruh Akses Firli Bahuri Dipreteli, Johanis Tanak: Sampai Ada Putusan Tetap

- 27 November 2023, 06:15 WIB
Firli Bahuri Diberhentikan Sementara Sebagai Ketua KPK melalui Keppres Presiden Jokowi
Firli Bahuri Diberhentikan Sementara Sebagai Ketua KPK melalui Keppres Presiden Jokowi /Antara/M Risyal Hidayat/

PortalMagetan.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memutus seluruh akses Firli Bahuri pasca  diberhentikan sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai ketua. Pemeberhentian sementara Firli Bahuri terkait dengan status tersangka yang disematkan Polda Metro Jaya ke Firli terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Presiden Jokowi bahkan telah menunjuk Nawawi Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK yang baru mengantikan posisi Firli Bahuri. Firli Bahuri diberhentikan semetara sesuai Keputusan Presiden (Keppres) karena menjadi tersangka kasus korupsi.

"Pemutusan akses sejak adanya Keputusan Presiden, maka akses beliau sebagai pimpinan atau ketua itu terputus untuk sementara waktu sampai ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," terang Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam keterangannya

Johanis menuturkan, Firli sudah tidak lagi memiliki wewenang seperti mengambil keputusan terkait penanganan perkara di lembaga antirasuah.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Stasiun TV Swasta Nasional dari PT Televisi Transformasi Indonesia Cek Syarat, Formasinya

"Kalau ke kantor sah-sah saja. Tugas dan kewenangannya itu diberhentikan, tidak boleh dia mengambil keputusan," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Nawawi Pomolango sebaga Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara. Nawawi menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara sebagai Ketua KPK karena ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri. Selain itu, Jokowi menandatangani Keppres Pengangkatan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

"Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK," tanfad Ari, Jumat 24 November 2023.***

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: pmj news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x