Api Karhutla Gunung Lawu Mendekat di Jalur Pendakian Cemoro Sewu, 700 Hektar Lahan Terdampak

- 13 Oktober 2023, 07:15 WIB
Tim gabungan penanganan kebakaran Gunung Lawu akan melakukan pemantauan dan pemadaman api
Tim gabungan penanganan kebakaran Gunung Lawu akan melakukan pemantauan dan pemadaman api //BPBD Magetan

PortalMagetan.com – Kebakaran di Gunung Lawu hingga kini masih belum padam. Bahkan dampak kebakaran ini membuat ribuan hektar lahan di gunung yang ada di perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah ini terdampak.

Kebakaran Gunung Lawu yang titik awalnya bermula dari Ngawi terus menjalar ke Magetan melalui area Petak 73A1 RPH Bedagung BKPH Lawu Selatan Administrasi Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan sejak awal bulan lalu.

Namun, sejak Selasa 10 Oktober 2023 lalu api juga menjalar ke perbatasan RPH Bedangung - RPH Sarangan yang semain dekat dengan jalur pendakian.

‘’ Dan pada hari Selasa (10/10) sekitar pukul 10.00 WIB api juga menjalar ke perbatasan RPH Bedangung - RPH Sarangan, yaitu tepatnya -/+ 200 m dari sebelah utara Jalur Pendakian Gunung Lawu,’’ tulis BPBD Magetan dalam rilisnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja Lawson Indonesia Fast Track Program dari PT Lancar Wiguna Sejahtera Cek Syarat-Kualifikasinya

Mengetahui api yang semakin mendekat ke jalur pendakia, Perhutan  memutuskan melakukan pemantauan di POS 5 Jalur Pendakian Cemoro Sewu.

‘’Dan hingga sampai saat ini masih dilaksanakan giat pemantauan dan upaya pengurangan resiko api yang menjalar dan meluas di wilayah Kabupaten Magetan,’’ ungkapnya.


BPBD Magetan menambahkan  total ada 127 personel yang dilibatkan dalam upaya pemadaman apidi sekitaran  RPH Bedangung - RPH Sarangan. Selanjutnya pada Kamis 12 Oktober 2023 personel disebar ke Pemantauan Puncak, Pemantauan Watu Jago, Pemantauan Pos 1,  dan 75 personel gabungan membuat ilaran.

Tim gabungan saat membuat ilaran d sekitar jalur pendakian Cemoro Sewu
Tim gabungan saat membuat ilaran d sekitar jalur pendakian Cemoro Sewu /BPBD Magetan

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: BPBD Magetan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x