Tak Melulu Nyeri Dada, 3 Tanda Terkena Penyakit Paling Mematikan di Dunia Muncul di Bagian Kaki, Apa Saja?

- 10 April 2024, 13:35 WIB
Ilustrasi: 3 Tanda Penyakit Jantung yang muncul di kaki, tak melulu nyeri dada
Ilustrasi: 3 Tanda Penyakit Jantung yang muncul di kaki, tak melulu nyeri dada //Pixabay/cnick

PortalMagetan.com – Penyakit jantung merupakan penyakit paling mematikan di dunia. Sebab penyakit ini menjadi penyebab nomor satu bertemu dengan ajal. Beberapa faktor yang memengaruhinya terjadinya penyait jantung  diantaranya kadar kolesterol dari kebiasaan gaya hidup.

Di Inggris penyakit ini juga sama mematikannya, menyebabkan sekitar seperempat dari seluruh kematian. Sementara di Indonesia, kematian akibat penyakit kardiovaskular mencapai 651.481 penduduk per tahun.

Rata-rata orang tak menyadari gejalanya, namun gejala paling umum penyakit kardiovaskular seperti nyeri dada. Namun, tak semua nyeri dada, ternyata ada pula gejala lain yang kurang dikenal salah satunya di bagian kaki.

Baca Juga: Terungkap, 3 Masalah Kesehatan Yangsering Dialami Pemudik, Menkes Budi: Tekanan Darah Harus Dalam Kondisi Baik

Menurut American Academy of Dermatology (AAD) ada tiga tanda bahaya masalah kardiovaskular yang dapat ditemukan pada kaki dan jari kaki. Seperti dikutip dari laman Express, Jumat (3/4/2024), berikut tiga gejalanya:

  1. Ada Benjolan Menyakitkan di Jari Kaki

Benjolan di jari kaki ini disebut kelenjar Osler dan juga dapat menyerang jari tangan. AAD mengatakan jika seseorang menderita infeksi jantung yang dikenal sebagai endokarditis infektif, benjolan yang menyakitkan ini dapat berkembang di jari tangan, kaki, atau keduanya.

 


Benjolan itu bisa bertahan beberapa jam hingga beberapa hari. Meskipun benjolannya hilang dengan sendirinya, pasien memerlukan pengobatan untuk infeksinya

  1. Kaki Bengkak

Kaki bengkak, termasuk tungkai dan pergelangan kaki, merupakan salah satu gejala penyakit jantung. Dikenal secara medis sebagai edema, ini bisa menjadi indikasi bahwa "jantung tidak bekerja dengan baik".

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x