Hindari, 3 Kebiasaan Ini Ganggu Kualitas Tidur Lebih Baik, Diantaranya Olahraga Malam, Simak Penjelasannya

- 6 Desember 2023, 13:35 WIB
tiga kebiasaan ini bikin sulit dapat tidur berkualitas, Apa Saja
tiga kebiasaan ini bikin sulit dapat tidur berkualitas, Apa Saja /Freepik @gpointstudio/

PortalMagetan.com – Beberapa kebiasaan sehari-hari dapat menyebabkan seseorang sulit untuk mendapatkan tidur nyenyak atau tidur berkualitas. Padahal tidur nyenyak berdampak positif  dalam menunjang kesehatan tubuh.

Studi pada tahun 2019 lalu mengungkap gangguan tidur menjadi sebuah epidemi kesehatan masyarakat yang tersembunyi selama beberapa tahun ke belakang.

Yang cukup mengejutkan, ada banyak faktor pengganggu tidur yang ternyata berkaitan dengan aktivitas yang dilalukan seseorang saat terjaga.

Dilansir dari laman Healthline, setidaknya ada tiga kebiasaan yang jarang disadari bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari, di antaranya:

Baca Juga: Format Debat Capres-Cawapres 2024, KPU Hari Ini Gelar Rapat dengan Timses, Simak 4 Pembahasannya 

  1. Permainan Pikiran

Melakukan aktivitas yang merangsang pikiran, seperti membaca buku yang menstimulasi mental atau emosi, bisa mempersulit tidur pada malam hari.

Selain itu, pikiran yang terstimulasi secara berlebihan sebelum tidur bisa meningkatkan peluang munculnya mimpi yang mengganggu saat tidur.


Akan lebih baik bila orang-orang melakukan aktivitas yang merelaksasi sebelum tidur. Beberapa di antaranya adalah mendengarkan lagu yang menenangkan, meditasi, berdoa, atau mandi air hangat.

 

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah