Sehari, Gunung Bancak Magetan Terbakar Dua Kali, Kebakaran Hanya Berajarak 3 Meter dari Permukiman Warga

- 2 Oktober 2023, 07:32 WIB
Gunung Bancak Magetan kembali terbakar pada Minggu, 1 Oktober 2023
Gunung Bancak Magetan kembali terbakar pada Minggu, 1 Oktober 2023 //BPBD MAGETAN

PortalMagetan.com – Gunung Bancak di Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan, Magetan kembali terbakar hebat. Api yang membakar kawasan hutan rakyat itu mengarah ke kompleks pemakaman GKR Maduretno yang merupakan istri Bupati Madiun K.R.A.H Ronggo Prawirodirjo III.

Kebakaran di hutan rakyat Gunung Bancak dalam sehari terjadi dua kali, pertama pada pagi hari dan api berhasil dipadamkan siang harinya. Namun titik api kembali muncul dan membesar saat malam hari.

Angin kencang yang berhembus membuat lokasi yang terbakar semakin besar dan merengarah ke permukiman warga. Kondisi itu membuat warga Giripurno panik dan melaporke BPBD Magetan untuk dilakukan pemadaman.

Informasi yang dihimpun PortalMagetan.com peristiwa kebakaran itu diketahui pada Minggu, 1 Oktober 2023 sekitar pukul 09.57 wib. Titik api muncul di kawasan hutan rakyat yang ditnami pohon jati dan rumpun bambu.

Baca Juga: Denny Sumargo Luncurkan Brand Lokal Perawatan Pria, SOMBONG Hadir Eksklusif di Shopee dengan Penawaran Terbaik

‘’Informasi masuk kepada BPBD Kabupaten Magetan Pukul 09.57 WIB bahwasanya telah terjadi kebakaran hutan rakyat Gunung Bancak tepatnya di hutan jati menuju makam GKR Maduretno masuk Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan,’’ tulis BPBD Magetan dalam rilis resminya.

BPBD Magetan langsung mengirimkan personelnya untuk membantu pemdaman bersama TNI-Polri dan masyarakat desa setempat. Upaya pemadaman tersebut berhasil dilakukan pada pukul 12.00 WIB.


Pemadaman di Gunung Bancak dilakukan dengan cara manusal dan pembahasan menggunakan mobil damkar
Pemadaman di Gunung Bancak dilakukan dengan cara manusal dan pembahasan menggunakan mobil damkar /BPBD MAGETAN

‘’Pukul 18.49 WIB titik api kembali muncul dan jarak ke pemukiman warga -/+ 3 meter. Untuk kejadian tersebut belum diketahui penyebabnya,’’ terangnya

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: BPBD Magetan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah