136,7 Juta Orang Diperkirakan Mudik Lebaran 2024, Korlantas Mabes Polri Fokus di Empat Kluster Ini

- 6 Maret 2024, 05:15 WIB
Ilustrasi arus Mudik Lebaran: Korlantas Polri Prediksi angka pemudik naik dan tembus 136,7 juta orang
Ilustrasi arus Mudik Lebaran: Korlantas Polri Prediksi angka pemudik naik dan tembus 136,7 juta orang /BKIP Kemenhub/

PortalMagetan.com  – Jumlah pemudik Idul Fitri 1445 Hijriah diprediksi mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri memperkirakan jumlah pemudik Lebaran tahun ini tembus 136,7 juta. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 5-6 persen dari tahun sebelumnya sebesar 123 juta.

Hal itu diungkap, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pengelolaan Arus Lalu Lintas Mudik-Balik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta.

"Kalau ditambah 5-6 persen itu ada di angka 136,7 juta, artinya ini perlu dikelola dengan baik. Tahun lalu ada 123 juta lebih masyarakat Indonesia yang melakukan mudik balik dan berwisata selama libur Idulfitri," ungkap Aan Suhanan.

Baca Juga: Lowongan Kerja Management Trainee Development Program dari Lion Air, Cek Syarat dan Link Pendaftarannya

"Kita melakukan survei kesiapan jalur, operasional, personel dan seluruh saran dan prasarana. Sehingga kita bisa memitigasi, memetakan hambatan-hambatan apa yang mungkin timbul selama Operasi Ketupat 2024 nanti," sambungnya.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menghadiri acara Gebyar Keselamatan 2024 di Surabaya
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menghadiri acara Gebyar Keselamatan 2024 di Surabaya Dok. Korlantas Polri

Dalam momen mudik Lebaran tahun ini, lanjut Aan, Korlantas Polri akan membagi empat kluster tempat yang menjadi perhatian. Di antaranya jalan tol, rest area, arteri jalan, jalan wisata hingga penyeberangan.

Untuk jalan tol, Aan memperkirakan akan terjadi hambatan karena tahun lalu terjadi peningkatan jumlah kendaraan roda empat untuk mudik Lebaran.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru di Jawa Timur dari Kapal Api Group, Cek Syarat, Formasi dan Link Pendaftarannya

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah