25 Calon Haji Asal Jatim Gagal dan Tunda Berangkat Tahun Ini, PPIH Embarkasi Surabaya Ungkap Penyebabnya

- 26 Mei 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi: 25 Calon Haji gagal berangkat ke tanah suci tahun ini, Ini penyebabnya
Ilustrasi: 25 Calon Haji gagal berangkat ke tanah suci tahun ini, Ini penyebabnya /Foto : Pixabay

PortalMagetan.com –  Puluhan calon jamaah haji asal Jawa Timur (Jatim) gagal berangkat dan menunda berangkat ke tanah suci tahun ini. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya mengungkapkan sebanyak 25 jamaah terkonfirmasi gagal dan menunda berangkat ke Tanah Suci.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris mengatakan terhitung 12 - 24 Mei 2024 telah memberangkatkan sebanyak 17.926 jamaah ke Tanah Suci yang terbagi dalam 51 kelompok terbang (kloter).

"Terdapat seorang calon haji yang gagal berangkat ke Tanah Suci karena meninggal dunia di Asrama Haji Surabaya dan telah dikebumikan di daerah asalnya," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Baca Juga: Fresh Graduate Merapat PT Lion Mentari Airlines Buka Lowongan Kerja Terbaru, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Selain itu terdata sebanyak 24 jamaah dari 51 kloter tersebut yang menunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena sakit.

Sepuluh jamaah di antaranya telah memutuskan untuk menjalani perawatan medis di daerah asalnya masing-masing dan menunda pelaksanaan ibadah hajinya tahun depan. Salah satunya karena diketahui hamil.


Sedangkan 14 jamaah lainnya, terdiri dari tujuh orang yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Surabaya, serta tujuh orang pendamping, yang kemungkinan masih bisa menyusul berangkat bersama kloter lain tahun ini.

"Kita doakan, ya, yang wafat mendapatkan ampunan ahli surga. Kemudian yang sakit mudah-mudahan diberi kesembuhan dan bisa berangkat. Meskipun tidak tahun ini, semoga tahun depan bisa berangkat," ujar Haris.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur itu menandaskan kuota jamaah calon haji yang berangkat melalui Embarkasi Surabaya tahun ini sebanyak 39.322 orang.

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah