11 SPBE Diduga Curang dengan Mengurangi Volume Gas LPG 3 Kg, Mendag: Ada di Jakarta, Tangerang dan Bandung

- 26 Mei 2024, 08:15 WIB
Mendag Zulkifli Hasan (kedua kiri) menunjukan barang bukti gas elpiji 3 kg yang dikurangi isi volumenya ditampilkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (25/5/2024)/ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/
Mendag Zulkifli Hasan (kedua kiri) menunjukan barang bukti gas elpiji 3 kg yang dikurangi isi volumenya ditampilkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (25/5/2024)/ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/ /

PortalMagetan.com –  Belasan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) diduga melakukan praktik curang dengan  mengurangi volume gas LPG 3 kilogram. Pengurangan volume gas LPG itu bahkan berkisar antara 200-700 gram.

Hal itu diungkap Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) saat memimpin ekspose di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu 25 Mei 2024.

"Harusnya masyarakat atau konsumen itu menerima, membeli dengan isi gas 3 kg, setelah dicek rata-rata isinya antara kurangnya antara 200-700 gram. Jadi isinya ini rata-rata 2.800 sampai 2.200 gram yang harusnya 3.000 gram kan," ungkap Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Fresh Graduate Merapat PT Lion Mentari Airlines Buka Lowongan Kerja Terbaru, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Menurut Zulhas, ada 11 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) yang tersebar di Jakarta, Tangerang, dan Bandung yang diduga melakukan praktik kecurangan tersebut.

"Kita sudah menemukan ada 11 SPBE baru dicek Jakarta, Tangerang sebagian Bandung, Ciwaru, Cimahi itu sudah ada 11 kita temukan yang kuantitasnya jumlahnya tidak sesuai," ungkapnya


Zulhas menambahkan, praktik pengurangan volume itu tak sesuai dengan PP Nomor 29 Tahun 2021. Dia mengatakan praktik kecurangan itu berhasil diketahui dari hasil monitoring dan pengawasan Pertamina serta Kementerian ESDM.

Baca Juga: Buruan Daftar PT Isuzu Astra Motor Indonesia Buka Lowongan Kerja Terbaru, Cek Syarat, dan Link Daftarnya

Pada kesempatan yang sama, Zulhas mengimbau stakeholder terkait ikut melakukan pengawasan. Hal itu dilakukan agar praktik kecurangan pengurangan volume gas LPG 3 Kg dan lainnya tak terulang kembali.

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah