25,13 Juta Orang Tahun Ini Diprediksi Mudik dengan Sepeda Motor,Menhub Budi Karya:Lebih Baik Ikut Mudik Gratis

- 14 Maret 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi - Menhub Budi Karya Sumadi Mengimbau Masyarakat Tak Mudik Lebaran dengan Sepeda Motor, dan lebih baik mengikuti mudik gratis
Ilustrasi - Menhub Budi Karya Sumadi Mengimbau Masyarakat Tak Mudik Lebaran dengan Sepeda Motor, dan lebih baik mengikuti mudik gratis /ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.

PortalMagetan.com - Pemerintah mengimbau agar masyarakat tak mudik menggunakan sepeda motor saat perjalanan ke kampung halaman khususnya yang memakan jarak tempuh jauh.

Pemerintah menyarankan masyarakat menyarankan memanfaatkan program mudik gratis lebaran 2023. 

Imbauan agar masyarakat tak mudik menggunakan sepeda motor disampaikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi," ungkap Menhub Budi dalam keterangannya, Selasa, 14 Maret 2023.

Baca Juga: Jampidsus Kejagung Temukan Dugaan Manipulasi Progres Proyek BTS Kominfo, Kuntadi: Seolah-olah Sudah 100 Persen"Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," sambungnya.

Menhub menjelaskan, program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna sepeda motor.

Dimana pada tahun ini diprediksi pengguna sepeda motor mencapai 25,13 juta orang dari total prediksi pemudik yang mencapai 123,8 juta orang.

"Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin," terangnya.

Menhub menambahkan, program-program mudik gratis juga dapat dilaksanakan oleh berbagai pihak baik itu Kementerian/Lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan pihak lainnya. Hal ini dimaksudkan agar kuotanya semakin banyak.

"Dengan semakin banyaknya kuota mudik gratis, kita harapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna sepeda motor, dan sekaligus juga dapat mengurangi kepadatan di jalan," tukasnya. ***

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x