Wow, 188.640 Produk Tak Layak Edar Ditemukan BPOM Jelang Lebaran, Rizka Andalusia: Salah Satunya Produk Ilegal

- 3 April 2024, 09:15 WIB
Lucia Rizka Andalusia, Plt Kepala BPOM saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers hasil temuan pangan olahan berbahaya bagi kesehatan dalam menu takjil di Gedung BPOM RI Jakarta, Senin 1 April 2024.
Lucia Rizka Andalusia, Plt Kepala BPOM saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers hasil temuan pangan olahan berbahaya bagi kesehatan dalam menu takjil di Gedung BPOM RI Jakarta, Senin 1 April 2024. /ANTARA/Andi Firdaus/

PortalMagetan.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan pengawasan produk pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Hasilnya, ditemukan sebanyak 188.640 produk yang dinyatakan tidak memenuhi ketentuan (TMK) edar.

 

“Jumlah total temuan pangan TMK sebanyak 188.640 pieces. Diperkirakan bernilai lebih dari Rp 2,2 Milyar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPOM RI, L Rizka Andalusia.

 

Diungkap Rizka, terdapat 2.208 sarana penjualan dan gudang produk pangan yang diperiksa. Sebanyak 920 di antaranya adalah ritel modern atau minimarket.

Baca Juga: Fresh Graduate Merapat, PT bp Indonesia Buka Lowongan Kerja Terbaru, Cek Syarat dan Cara Daftarnya 

Selain itu, terdapat 867 ritel tradisional dan 386 gudang distributor yang diperiksa produk pangannya menjelang lebaran. Sisanya, adalah 28 gudang importir dan 7 gudang e-commerce.

 

“Dari hasil pemeriksaan, kami menemukan 628 sarana yang menjual produk TMK. Salah satunya adalah produk tanpa izin edar (TIE) atau ilegal,” terangnya.

Halaman:

Editor: Moh Eko Suprayitno

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x